Fotografi

Teknik-teknik Fotografi Makro untuk Pemula

Fotografi makro adalah teknik fotografi jarak dekat pada objek dengan mengusung detail yang tajam, untuk menghasilkan gambar yang lebih mendetail dan juga lebih tajam pada objek yang akan difoto. Pada umumnya potret makro mengambil komposisi 1:1, artinya besar gambar yang dihasilkan sama ukurannya dengan benda aslinya.

Pada umumnya, objek fotografi makro ialah lalat, lebah, semut, kupu-kupu dan lain sebagainya. bahkan ada juga fotografer yang dengan rajin meneksplorasi benda-benda yang nampak tak jelas secara kasat mata, tapi jika difoto nampaklah tekstur objek gambar tersebut.

Fotografi

Agar menghasilkan gambar terbaik dengan teknik fotografi makro, berikut hal-hal yang harus kamu persiapkan.

  1. Pilih lensa terbaik

Lensa yang dipergunakan fotografer makro pada umumnya memiliki ukuran jarak lensa antara 50 mm sampai 200 mm. lensa berukuran 50-60 mm cocok untuk fungsi makro. Lensa dengan jarak 150-200 mm merupakan lensa termahal, tapi Anda akan mendapatkan hasil yang lebih tajam

  1. Gunakan tabug ekstensi untuk mendekatkan jarak fokus lensa

Tabung ekstensi merupakan tools yang terletak pada bagian belakang lensa dan bodi kamera. Tools ini membuat lensa makin fokus dan dapat menghasilkan gambar lebih jernih dengan objek yang kecil. Dengan tabung ekstensi, Anda bisa membidik objek dengan lebih tajam karena jarak fokus yang juga bisa lebih dekat.

  1. Gunakan fungsi diopter pada kamera Anda

Fungsi diopter akan membantu Anda untuk membuat lensa menjadi lebih fokus dalam jarak lebih dekat.  fungsi diopter antara lain filter close-up, yang terdapat di bagian terdepan. Filter close up hadir dengan berbagia jenis kelebihan yang terdapat dalam diopter, filter ini dapat diatur pada +1+2 or +4 dengan pembesaran diopter. Hasilnya, Anda bisa melakukan pemotretan close-up dengan hasil yang tajam.

  1. Gunakan aperture

Agar memperoleh depth of field yang tepat, atur aperture sekitar f/16 atau f/22. Cara lain yang dapat dilakukan ialah menggunakan aperture dengan ukuran sekitar f/2.8 atau f/4.

  1. Kombinasikan cahaya flash

Kombinasi cahaya flash bermanfaat untuk membuat foto menjadi lebih hidup. Anda dapat membuat foto gabungan daru dua dedaunan lalu Anda dapat melihat gambar tersebut dengan cahaya alami. Cara ini akan membuat foto yang Anda hasilnya menjadi semakin memikat.

  1. Buat komposisi terbaik

Sebuah foto enak dilihat ketika foto berada dalam komposisi yang terbaik dari kamera, tanpa cropping.  Di samping itu, foto juga memiliki fokus yang jelas. Pada fotografi makro sekalipun, fokus dan komposisi yang tepat akan mempengaruhi hasil gambar yang enak dipandang atau tidak. Gambar yang bagus adalah gambar dengan tampilan yang nyaman untuk dipandang mata.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *