Rumus Matematika untuk Menghitung Luas Prisma

Rumus matematika untuk menghitung luas primas segitiga memang tergolong agak sedikit rumit. Pasalnya, bangun ruang yang satu ini memiliki bentuk yang tersusun atas beberapa bagian, yaitu bagian tutup, alas, dan selimut, nah pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas sebuah rumus matematika yang cukup populer di sekolah dan bahkan seringkali muncul pada soal ujian nasional, simak selengkapnya:

keistimewaan kekhususan prisma segitiga

1. memiliki enam buah tutul sudut.
2. memiliki lima sektor sisi.
3. memiliki sembilan buah rusuk.

resep luas kualitas prisma segitiga

guna prisma segitiga memiliki beberapa sektor adalah kunci, alas terus selimut. maka buat mencari luas total alamat prisma diawal mulanya kita butuh merebut setelah itu membilang luas alas, luas pemungkas juga luas selimut asal prisma tertera, maka di temukanlah rumus.

Maka dari itu, untuk menghitung luas bangun ruang prisma secara keseluruhan, kita harus mengetahui luas bagian tutup, bagian alas, dan bagian selimutnya terlebih dahulu. Setelah luas semua bagian tersebut berhasil kita ketahui, selanjutnya kita tinggal menjumlahkan ke tiga bagian tersebut saja.

Jika dituliskan dalam bentuk formula, maka rumus matematika untuk menghitung luas prisma adalah sebagai berikut:

Luas Prisma = Luas Tutup + Luas Alas + Luas Selimut

Dalam prakteknya nanti, karena luas tutup dan luas alas pada bangun ruang prisma selalu sama, maka rumus di atas dapat diganti atau pun disederhanakan menjadi:

Luas Prisma = (2 x Luas Alas) + Luas Selimut

Untuk mencari luas alas prisma sendiri, Anda dapat menggunakan rumus di bawah ini:

Luas Alas = ½ x alas segitiga x tinggi

Sedangkan untuk mencari luas selimut prisma, Anda dapat menggunakan rumus baku di bawah ini:

Luas Selimut = Keliling alas atau pun keliling segitiga x tinggi

Nah, itulah sedikit informasi mengenai rumus matematika untuk menghitung luas prisma yang dapat kami sampaikan kepada Anda.jangan lupa untuk tanyakan atau berikan masukan pada kami pada kolom komentar atau halaman kontak kami.

share postingan ini agar banyak yang mengetahui manfaat rumus prisma segitiga ini atau bookmark website kami agar tak ketinggalan update berita terbaru.

Selamat belajar dan semoga sukses ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *