Seni Mengabadikan Gambar

Fotografi, Seni Mengabadikan Gambar dengan Cahaya

Fotografi dikenal sebagai sebuah ketrampilan seni yang mengandalkan kepekaan fotografer dalam menghasilkan gambar dengan memanfaatkan cahaya dengan alat berupa kamera dan pembuatan gambar tersebut memiliki tujuan dan maksud tertentu. penggabungan antara unsur keterampilan menggunakan kamera dan seni yang berupa sesuatu yang diciptakan manusia dan mengandur unsur keindahan dari sebuah kreativitas menjadikan seni fotografi andalan banyak orang untuk mengabadikan momen-momen penting.

Dari sisi romantika, ada yang berkata bahwa seni fotografi merupakan seni melukis dengan cahaya. Tidak berlebihan kok, bagi yang sudah berpengalaman memotret dengan kamera, Anda pasti paham apa yang dimaksudkan dengan melukis dengan cahaya.

Kegiatan fotografi melibatkan banyak unsur, antara lain keterampilan menggunakan alat bantu berupa kamera, keterampilan menempatkan objek foto di antara jutaan cahaya yang masuk ke dalam fokus kamera, keterampilan menempatkan fokus, dan masih banyak lagi yang lainnya. keterampilan satu dan lainnya saling menunjang, di mana keterampilan satu dengan yang lainnya akan mendukung hasil yang maksimal.

Di samping kepekaan terhadap cahaya, kepekaan terhadap alat yang dipakai juga akan mempengaruhi hasilnya. Seorang fotografer yang belum bisa menaklukan kamera, akan diragukan keahliannya dalam menggunakan kameranya sendiri. Oleh karena itu, bagi yang ingin hidup sebagai fotografer, diwajibkan untuk memahami kameranya terlebih dahulu.

Seni Mengabadikan Gambar

Seorang fotografer harus tahu bagaimana cara mengatur cahaya dari kamera. Juga tahu bagaimana cara menempatkan kameranya dengan alat-alat bantu lainnya, seperti alat bantu cahaya, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak hal yang harus diketahui forografer, satu hal yang penting ialah ia sudah mengetahui fungsi dari masing-masing menu yang tersedia di dalam kamera bawaannya. Baru kemudian dia bisa memfungsikan alat-alat tambahan, seperti lensa tambahan yang bisa berupa lensa tele, lensa makro, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seorang fotografer yang tidak peka dengan peralatan tersebut, sudah dapat dipastikan ia akan gagal mengoperasikan peralatannya dan tentu akan gagal pula memotret objek. Jadi, langkah utama menjadi seorang fotografer ialah mempelajari kamera yang akan digunakannya.

Selama belajar, sudah pasti aka nada banyak sekali kendala, namun fotografer yang memahami seni pasti akan percaya bahwa proses tidak akan menghianati hasil. Setiap orang yang mau bekerja keras menjadi fotografer, harus melewati banyak hal sampai ia mahir mengendalikan shutter demi mengolah objek di antara cahaya-cahaya yang tepat, sehingga menghasilkan potret yang dramatis, romantis, dan lain seabgainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *