Cara Memilih Genset Diesel yang Berkualitas

Memilih Genset Diesel yang Berkualitas – Generator set (genset) merupakan alat penyedia listrik. Dapat dikatakan genset ini merupakan kebutuhan utama saat ini, terlebih bagi beberapa sektor ataupun kegiatan yang memerlukan daya listrik yang cukup besar. Fungsi genset yaitu menyimpan daya listrik, sehingga ketika pasokan listrik dari PLN padam, cadangan listrik pada geset dapat digunakan.

Memilih Genset Diesel yang Berkualitas

Namun harga jual mesin genset cummins  yang masih cukup tinggi mungkin membuat Anda berpikir ulang untuk membeli genset. Padahal tidak sedikit tempat yang menyediakan genset jenis ini dengan harga yang terjangkau. Ingat, Anda harus tetap memperhatikan kualitas genset tersebut. Berikut ini terdapat beberapa tips memilih genset berkualitas baik.

Sesuaikan dengan kebutuhan daya listrik yang Anda gunakan

Perhatikan ketika Anda akan membeli genset. Pastikan Anda telah mengetahui besaran listrik yang Anda gunakan. Jangan sampai Anda membeli genset yang mempunyai daya yang lebih rendah dari kebutuhan daya listrik yang biasa Anda gunakan. Daya listrik genset idealnya harus 30% lebih besar dari total kebutuhan daya listrik.

Mengapa daya harus lebih besar?

  1. Untuk menghindari bila terjadi kesalahan hitung pemakaian daya listrik. Sebab kesalahan tersebut mengakibatkan genset tidak berfungsi dengan optimal.
  2. Sebagai persiapan bila Anda ingin menambah penggunaan alat listrik yang memiliki efek terhadap peningkatan daya listrik.

Mulai hitung kebutuhan daya listrik

Pastikan bahwa dasar penghitungan daya listrik tidak sama persis dengan kebutuhan daya di rumah Anda. Seperti yang telah dijelaskan, Anda harus mempersiapkan jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal darurat yang ada kaitannya dengan kebutuhan mesin.

Misalnya saja Anda sering mengadakan acara keluarga atau hal-hal urgent dan mendadak atau todak diperkirakan, yang tentunya melibatkan penggunaan alat elektronik berdaya besar seperti halnya pompa air, oven listrik, kompor listrik, penanak nasi, AC hingga setrika.

Maka dari itu, demi kelancaran kebutuhan listrik Anda, alangkah baiknya Anda lebihkan daya genset yang akan Anda beli. Setidaknya 20% – 30% dari kebutuhan normal agar ketersediaan listrik tetap terpenuhi.

Bahan bakar yang sesuai dengan genset

Untuk mempermudah pengoprasian genset Anda nantinya, perhatikan bahan bakar yang digunakan ada genset. Tentunya bahan bakar yang digunakan haruslah mudah ditemukan dan sangat terjangkau. Kini beberapa tipe genset yang memakai bahan bakar yang berbeda-beda. Ada genset yang menggunakan bahan bakar bensin, solar, hingga gas.

Sekarang ini banyak tempat yang jual genset diesel 50 kva di jogja dan kota ebsar lain, tentunya genset jenis ini memiliki bahan bakar yang mudah ditemukan dan mempermudah operasionalnya dalam kegiatan sehari-hari.

Pilih tempat penjualan genset terpercaya

Sebelum Anda membeli genset, perlu Anda pastikan bahwa tempat yang memiliki pelayanan yang baik. Bentuk pelayanan baik inilah yang menjadi karakteristik awal terhadap apa yang mereka jual. Selain itu, pelayanan yang baik akan memberi rasa nyaman pada diri Anda sehingga tidak ada rasa segan untuk berkonsultasi mengenai pengoprasian genset.

Penjual genset merupakan pihak yang mampu merekomendasikan kelayakan mesin genset, dengan kata lain mereka yang jual genset diesel lebih paham dan mengerti spesifikasi produk beserta kelebihan dan kelemahan genset yang dijualnya. Tentunya mereka (penjual) juga memiliki product knowledge yang baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *