Cara Buat Foto Semakin Menarik Saat Liburan Sendirian

Cara Buat Foto Semakin Menarik Saat Liburan Sendirian

Dengan libur panjang dan waktu mudik semakin dekat, mempersiapkan agenda liburan tidak ada salahnya dilakukan sejak permulaan. Apabila mau liburan sendirian, berikut beberapa tips agar setiap hasil foto semakin menarik dan tepat menggambarkan serunya perjalanan anda.

Pelajari Keterampilan Fotografi Dasar.

Memahami dasar-dasar fotografi sungguh-sungguh membantu dalam menemukan angle yang tepat dan mengoptimalkan bagian natural pendukung foto. Pertama, perhatikan pencahayaan. Untuk mengambil foto pemandangan, misal sunset, pegunungan, danau, atau foto potret/selfie, sebaiknya cahaya tetap menghadap obyek utama untuk menghindari backlight.

Kedua, hindari over exposure atau cahaya yang berlebihan pada obyek foto. Akan jauh lebih mudah untuk menambah exposure saat editing, daripada mengurangi, sebab akan memengaruhi komposisi warna pada hasil foto.

Berlatih dengan Telepon.

Mengambil foto keren saat liburan tidak seharusnya dilakukan dengan DSLR atau Mirrorless Camera. Telepon dengan kamera yang bagus dapat cukup mengakomodasi keperluan foto saat liburan sendirian.

Ambil foto sebanyak mungkin agar semakin terbiasa memakai pengaturan kamera dan grid pada smartphone dan tentunya, jangan ragu untuk bereksperimen dan menjelajahi beragam fitur yang ditawarkan.

In-app camera feature seperti profesional mode dapat memegang segera manual ISO, atau white balance yang sungguh-sungguh bermanfaat saat mengambil foto bagus situasi outdoor dibawah cahaya matahari, atau indoor dengan lampu kuning.

Bawa Tripod.

Pemandangan air terjun sebagai latar belakang foto, atau jalur lapang dengan pemandangan gunung akan sayang untuk tidak diabadikan. Atur sendiri posisi yang diinginkan, gunakan tripod, dan self timer untuk hasil foto HQ editorial-type. Harga tripod yang sudah sungguh-sungguh terjangkau juga dapat mudah dibawa di dalam ransel.

Editing yang Tetap.

Salah satu rahasia travel-blogger untuk hasil foto yang keren di setiap destinasi yakni saringan dan editing yang tepat. Pilih cara editing yang nyaman dilakukan, bagus memakai alternatif editing pada smartphone, atau aplikasi tambahan. Tonality dan saringan yang tetap pada setiap gambar, didorong pemilihan obyek yang kreatif akan membuat setiap foto traveling diambil layaknya oleh profesional.

Tips tambahan yang penting dicatat.

Rule of Third atau peraturan posisi obyek di sepertiga bagian foto akan sungguh-sungguh membantu perspektif foto yang tetap dan konsentrasi. Perhatikan pula garis atau pola sebagai bagian arsitektur natural pada obyek foto. Kedua aspek ini membuat hasil foto, dimana saja dan apa saja obyek-nya, akan tetap harmonis saat digabungkan di media sosial.

Minta pengunjung lain untuk mengambil foto boleh saja dilakukan. Berikan arahan mengenai konsep yang mau diambil agar mempermudah pengambilan foto dan tawarkan balik untuk mengambil foto si pengunjung akan membuat pengalaman meminta foto lebih menyenangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *