Belajar Menjadi Fotografer Handal Dengan Smartphone

Apa saja yang muncul di dalam pikiran anda jika berbicara mengenai photography dan mengambil foto menggunakan handphone atau smartphone? Tentu yang sering muncul adalah kata-kata selfie, instagram, facebook, foto makanan dan latarbelakang. Dan hasil jepretan yang ala kadarnya menjadi sebuah hal yang biasa.

Jika dibandingkan, kualitas dari sebuah foto yang berasal dari camera smartphone tentu saja tidak sebagus dari foto yang dihasilkan oleh camera khusus dengan lensa yang bagus. Namun jika keadaan yang mengharuskan menggunakan smartphone untuk memotret sebuah objek, hendaknyalah bukan asal jadi saja. Untuk mengetahuinya, mari ikuti penjelasan berikut.

Terapkan prinsip photography
Memang kebanyakan foto yang banyak kita lihat di media sosial adalah hasil dari sebuah smartphone dengan pengambilan yang asal-asalan. Tidak bisa dinavykan, peralatan yang digunakan untuk mengambil sebuah gambar memang tidak mendukung untuk mencapai sebuah kualitas yang bisa dibilang bagus. Namun dengan menerapkan berbagai pengetahuan tentang photography dalam mengambil sebuah gambar, tentu hasilnya akan jauh lebih baik.

Atur komposisi semaksimal mungkin
Menyusun komposisi foto memanglah diperlukan pengetahuan yang lebih dan imajinasi yang tinggi. Itulah yang membedakan foto biasa dan yang tidak biasa. Pengaturan komposisi sebuah foto juga bisa dilakukan pada camera yang terdapat pada smartphone, sebab tidak ada aturan yang baku tentang ini.

Manfaatkan bobot smartphone dalam mengambil gambar
Smartphone memiliki keleluasaan yang lebih dari camera yang umumnya digunakan untuk photography. Selain ringan, ukurannya yang kecil memudahkan kita dalam pengambilan gambar dari berbagai posisi. Kemampuan smartphone ini harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendapatkan gambar dahsyat.

Gunakan aplikasi pihak ketiga
Saat ini sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang mendukung photography. Fitur yang ditawarkan merupakan nilai tambah dalam mendapatkan sebuah gambar yang bagus. Silahkan dimanfaatkan semaksimal mungkin sesuai selera untuk memperbanyak kelengkapan dalam menghasilkan sebuah foto.

Itulah sebagian kecil tips menghasilkan gambar yang bagus dari smartphone. Jika beberapa hal di atas diterapkan, saya yakin kualitas gambar yang diambil akan jauh lebih bagus dari yang selama ini sudah dihasilkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *